HOME /* -- Menu Horizontal + Sub Menu-- */ #cat-nav {background:#156994;margin:0 15px;padding:0;height:35px;} #cat-nav a { color:#eee; text-decoration:none; text-shadow: #033148 0px 1px 0px;border-right:1px solid #156994;} #cat-nav a:hover { color:#fff; } #cat-nav li:hover { background:#000; } #cat-nav a span { font-family:Verdana, Geneva, sans-serif; font-size:11px; font-style:normal; font-weight:400; color:#fff; text-shadow:none;} #cat-nav .nav-description { display:block; } #cat-nav a:hover span { color:#fff; } #secnav, #secnav ul { position:relative; z-index:100; margin:0; padding:0; list-style:none; line-height:1; background:#0d5e88; } #secnav a { font-family:Georgia, "Times New Roman", Times, serif; font-style:italic; font-weight:700; font-size:14px; display:block; z-index:100; padding:0 15px; line-height:35px; text-decoration:none;} #secnav li { float:left; width: auto; height:35px;} #secnav li ul { position: absolute; left: -999em; width: 200px; top:35px} #secnav li ul li { height:30px; border-top:1px solid #fff; } #secnav li ul li a { font-family:Verdana, Geneva, sans-serif; width:180px; line-height:30px; padding:0 10px; font-size:11px; font-style:normal; font-weight:400; color:#eee; } #secnav li ul ul { margin: -30px 0 0 180px; } #secnav li:hover ul ul, #secnav li:hover ul ul ul, #secnav li.sfhover ul ul, #secnav li.sfhover ul ul ul { left:-999em; } #secnav li:hover ul, #secnav li li:hover ul, #secnav li li li:hover ul, #secnav li.sfhover ul, #secnav li li.sfhover ul, #secnav li li li.sfhover ul { left: auto; } #secnav li:hover,#secnav li.hover { position:static; } #cat-nav #secnav {width:100%;margin:0 auto;}

Minggu, 09 Maret 2014

Perbedaan Pada Manga dan Anime Another

 Pasti kalian sudah merasa tidak asing lagi dengan anime yang satu ini. Anime yang menyita cukup banyak perhatian di winter 2012 lalu, Another. Walaupun diadaptasi dari novel dan manga yang berjudul sama, di anime ada beberapa hal yang tak terlalu berpatokan dengan manga maupun novelnya, tapi inti ceritanya tetap sama (dead personnya juga orang yang sama tentunya). Walaupun agak telat, saya akan merangkum beberapa perbedaan yang ada di anime maupun manganya, dan sedikit dari novel (sumber dari wikipedia tentunya). BTW, saya belum membaca novelnya, ada yang tahu situs di mana saya bisa membaca novel Another secara online? Oke, ini dia beberapa perbedaan yang bisa saya temukan:
1. Desain Chara
Seperti yang kita ketahui, desain chara di manga dan anime memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Manga: Rata-rata rambut para chara berwarna hitam. Artnya lembut, tapi bisa berubah jadi suram secara tiba-tiba. Sangat cocok dengan tema horror yang diusung oleh Another.









 Anime: Para chara memiliki mata yang besar, wajah moe moe, dan gaya rambut serta wajah yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan di manga.















 2. Kematian Ritsuko, Ibu dari Kouichi
Manga: Jelas sekali bahwa Ritsuko mati karena calamity.
Anime: Tidak dijelaskan sebab kematiannya, cuma disebutkan bahwa Ritsuko meninggal setelah melahirkan Kouichi.

3. Hubungan Naoya dan Tomohiko
Manga: Mereka berdua bersahabat baik dan terlihat sering jalan bareng.
Anime: Naoya lebih sering bersama Yuuya.
Novel: Hubungan mereka lebih akrab dan dijelaskan secara detail. Tomohiko memiliki peran yang lebih besar di novel.

4. Manga: Izumi cuma minor chara. Dia mencoba membunuh Mei dengan menusuk mata boneka milik Mei. Sesaat kemudian, sebuah lemari jatuh dan hendak menimpanya, tapi Chibiki-sensei datang menyelamatkan Izumi.
Anime: Kemunculannya lebih banyak di anime, memiliki peran yang besar seperti saat dia bertemu dengan Kouichi 1,5 tahun sebelum cerita dimulai.
Novel: Minor chara yang tidak pernah muncul sampai halaman 256. Dialog pertamanya adalah saat dia berargumen dengan Mei di Sakitani Kinenkan.

5. Manga: Katsumi Matsunaga tidak pernah bertemu dengan Kouchi dkk, mereka mengetahui tentang Katsumi dari Tomoka. Kouichi dkk menemukan tape berkat percakapan mereka dengan Tomoka. Tidak ada cerita tentang mereka di pantai.
Anime: Mereka bertemu langsung dengan Katsumi. Kouichi dkk sempat-sempatnya berlibur ke pantai di tengah-tengah calamity.

6. Manga: Sangat jelas bahwa Naoya menyukai Izumi, seperti saat wajahnya memerah setelah memuji Izumi yang memotong pendek rambutnya.
Anime: Naoya terlihat hanya iseng saja menggoda Izumi, ditambah dengan tampang playboy yang meyakinkan.

7. Ikuto Takabayashi tidak pernah muncul di manga, namanya cuma pernah disebutkan saja. Aya Ayano dan Makoto Ouji tidak pernah ada di manga, mereka adalah original chara di anime.

8. Manga: Izumi tidak pernah bertemu Kouchi 1,5 tahun sebelumnya.
Anime: Mereka tidak sengaja bertemu di pinggir sungai, bahkan mereka sempat berkenalan dan mengatakan alasan mengapa mereka ada di sana.

9. Di manga, masa lalu Mei lebih detail. Mei ingin mendonorkan ginjalnya pada Misaki, tapi ada peraturan bahwa anak di bawah 15 tahun dilarang mendonorkan organ dalamnya. Mitsuyo lah yang mendonorkan ginjalnya untuk Misaki.

10. Manga: Bukan Daisuke yang tiba-tiba sakit saat makan malam, melainkan Kouichi. Ketika Izumi dan Mei berargumen, Izumi menyalahkan Mei dan Kouichi atas semua yang telah terjadi. Saat Kouichi mencoba melindungi Mei, tiba-tiba Kouichi collapse. Dia ditolong oleh Mizuno.

11. Manga: Kazuma Akazawa, kakak dari Izumi, mentalnya tidak stabil dan sering mengunci diri di kamar. Dia kemudian memutuskan untuk bunuh diri dengan cara gantung diri. Kazuma tewas setelah cerita dimulai.
Anime: Kazuma tewas 1,5 tahun sebelum cerita dimulai. Dia tidak pernah muncul di anime. Namanya hanya pernah disebutkan oleh Izumi saat bertemu Kouichi.

12. Di novel, Kouichi adalah target bullying di sekolahnya yang sebelumnya karena nama terakhirnya 'Sakakibara' adalah nama yang sama dengan nama seorang pembunuh dari Kobe.

13. Manga: Kouichi sangat terpengaruh dengan kematian Sanae dan Reiko, seperti saat mereka berdua meninggal, Kouichi menangis.

14. Di manga, Reiko bertanya pada Kouichi mengenai klub apa yang dia jalani di sekolah yang sebelumnya, Kouichi menjawab 'klub memasak'. Karena ayahnya tidak bisa memasak, Kouichi memasak untuk keluarganya.

15. Di manga:
-Ada seorang siswa kelas 3-3 angkatan 1997 bernama Sakuma dan merupakan 'murid yang ditiadakan' tahun itu. Dia bunuh diri di awal tahun ajaran baru karena tidak tahan diabaikan.
-Reiko memiliki sahabat bernama Ryoko Akiyama. Ryoko meninggal dalam sebuah kecelakaan di jalan saat dia berangkat sekolah.
 -Tomohiko tidak tewas, tapi dia teluka dan tidak sadarkan diri, Naoya yang menggendonngnya

Itulah beberapa perbedaan yang bisa saya temukan, berhubung saya sendiri belum membaca novelnya, padahal saya ingin sekali membandingkan dengan novelnya juga.

1 komentar:

  1. Kalo ditambahkan dengan perbedaan di Live Action nya gimana ya?
    *pasti tambah banyak banget >_<

    BalasHapus